Sabtu, 10 April 2010

AYAT-AYAT YANG SERING DIPERDEBATKAN

31:12 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
31:13 "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.
31:17 Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk selama-lamanya, sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Ia berhenti bekerja untuk beristirahat."


Pertanyaan :
a) Benarkah Hari Sabat diberikan hanya kepada orang Israel ?

Mari kita selidiki, tetapi hanya dengan pertolongan Tuhan supaya hati kita tidak berkeras terhadap Firman-Nya. Disini ada dua jawab yang dapat kita berikan yaitu:

1.Pada zaman itu kita tahu dari Alkitab bahwa orang yang menyembah Allah yang benar
hanyalah orang Israel, diluar dari itu tidak ! kecuali mereka yang mau
menggabungkan diri menjadi orang Israel seperti Rut, dll. Secara singkat saya mau
katakan bahwa orang Israel dalam konteks kalimat ini artinya adalah Umat Allah atau
orang yang percaya kepada Tuhan Allah.

2.Paulus dalam Ilham Tuhan menulis dalam : (orang Israel = yahudi)
Roma 2:28 Sebab yang disebut Yahudi bukanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang
disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.
2:29 Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat
ialah sunat di dalam hati,
secara rohani, bukan secara hurufiah. Maka pujian baginya datang bukan dari
manusia, melainkan dari Allah.

Dengan ayat-ayat ini kita semakin mengerti bahwa sebutan “orang Israel” itu artinya adalah “umat Allah” atau orang-orang yang percaya kepada Tuhan Allah.

b) Sejak kapan Hari Ketujuh / Sabat itu diberikan ?

Kej 2:2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu.
Kej 2:3 Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.


Ayat ini memiliki kesamaan alasan dengan :

Kel 20:11 Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Jadi . . . .Hari Sabat itu adalah satu dari 2 lembaga Kudus yang Allah tetapkan di taman eden disamping pernikahan Kudus. Diberikan sebelum ada satu orangpun yang menamakan dirinya orang Israel.

Mrk 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,

Mrk 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."


Tidak dikatakan Yesus, Hari Sabat diadakan untuk orang Israel dan bukan orang Israel untuk hari Sabat,.

pembahasan 1.
Satu metode pengajaran yang benar dari Alkitab adalah mengikuti teladan / contoh dari Yesus, Kita harus ingat dengan rendah hati senantiasa bukan apa kita kehendaki, melainkan apa yang Allah kehendaki saya akan lakukan.

Luk 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Artikanlah ayat ini dengan doa yang rendah hati jikalau kita ingin ikut Tuhan dengan segenap hati. Kalau kita mau menyangkal ayat ini dengan dalih kita, itu pasti bisa, tetapi apakah gunanya itu nanti bila Yesus datang dan berkata Enyalah kamu sekalian, Aku tidak mengenal kamu. Mat 7:23

Pembahasan II : Kolose 2:14-17

Kolose 2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib: Kol 2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
Kol 2:17 semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.


Mudah-mudah Roh Kudus menyertai dan membukakan hati Saudara, supaya mengerti apa makna ayat ini.
Dari ayat diatas ini biasanya orang mengartikannya sebagai berikut :
1. Bahwa “surat hutang” itu maksudnya ialah Sepuluh Hukum Allah.
2. Bahwa “hari-hari Sabat” yang disebut dalam ayat ini ialah hari Sabat mingguan
dalam hukum ke-4
3. Bahwa Sepuluh Hukum dan Sabat mingguan itu sudah “ditiadakan” dan “dipakukan di
kayu salib”.

Tujuan kita mempelajari ini supaya kita bertanya “Apakah ini sudah dibakukan menjadi hukum? Apakah arti yang sebenarnya dari ayat ini?

Pada intinya sangat jelas bahwa kematian Yesus menandai suatu perubahan yang sangat penting, dan bahwa beberapa lembaga Perjanjian Lama yang sudah lama ditegakkan pemeliharaannya sesungguhnya sudah dipakukan di kayu salib.
Pertanyaannya ialah pemeliharaan mana yang dimaksud dan dipakukan itu ?
Puji kepada Tuhan sehingga kita tidak dibiarkan meraba dan menerka-nerka.
Petunjuk yang harus diperhatikan dari arti Kol 2:14-17 terdapat dalam kalimat terakhir yaitu “semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang”
Pertanyaannya ialah apa yang menjadi bayangan ? mari kita lihat perbandingan dibawah ini

Apa yang menjadi “Bayangan”

Pertama-tama Bacalah dengan cermat Imamat pasal 23.
Bayangan atau lambang yang harus dituruti ialah:
1. mengorbankan hewan
2. Hari-hari besar tahunan
3. Persembahan daging/minuman dll.

Yang ditetapkan setelah kejatuhan manusia yang kemudian dikaitkan dengan hari-hari raya bangsa Yahudi dan Keimamatan, dan yang menunjuk pada pekerjaan penebusan Kristus.

Tujuh hari raya dan tambahan perayaan sabat hari raya ada termasuk didalamnya belum termasuk hari Sabat Tuhan. Im 23:38

“sabat” musiman ini adalah tahunan, bukan hari raya mingguan. Hari-hari raya ini terikat pada tanggal-tanggal tertentu dari suatu bulan dan bukan terikat pada hari tertentu dari minggu itu.
Semua hal ini ditiadakan di kayu salib / sudah digenapi

Apa yang bukan “Bayangan”

Prinsip-prinsip moril dalam Sepuluh Hukum itu “bukanlah bayangan.”
Sepuluh Hukum itu mengatur Moral manusia sepanjang Zaman.
Diantara persepsi Moril, Sabat mingguan itu dimulai dari minggu penciptaan dan tidak menunjukan pada suatu bayangan. Karena :
1. Ditetapkan di Eden sebelum manusia berdosa. Kej 2:1-3
2. Diberikan menjadi suatu tanda untuk memperingati dan mengakui kedaulatan Allah bahwa DIA lah Pencipta. Kel 20:11
3. Ini bukanlah lambing atau sesuatu yang menunjukan penebusan, karena sebelum kejatuhan, Adam tidak memerlukan penebusan, suatu lambang atau bayangan pada masa mendatang tidak berarti apa-apa baginya dalam keadaan tidak berdosa di taman Eden.
Semua hal ini ditiadakan di kayu salib / sudah digenapi Semua hal ini ditegakkan di kayu salib. Mat 5:17-18


Kesimpulan

Suatu pengamatan akhir dan suatu pertanyaan akhir yang wajar dalam hal ini ialah:
Mempertahankan dengan menyatakan ayat ini meniadakan Sepuluh Hukum berarti membuat Paulus bertentangan dengan dirinya sendiri (Rm 7:12; 3:31) dan membuat dia juga bertentangan dengan Yesus (Mat 5:17-19)

Pertanyaan

Apa yang terdapat pada salib Kristus yang bisa membatalkan Hari Sabat yang di berikan pada Manusia di taman Eden?

Jawabannya ialah Tidak ada. Tidak ada apapun. Bahkan salib itu menegaskan dan menetapkan hukum Moril yang disimpulkan dalam Sepuluh Hukum.

2 komentar:

  1. Apakah Hari Sabat harus dirayakan Hari Sabtu ?

    BalasHapus
  2. Hari sabat itu adalah hari ketujuh, dan hari ketujuh itu ialah hari sabtu. Semoga jawabannya membantu

    BalasHapus