Minggu, 25 Oktober 2015

ELIA KE-3

ELIA KE-3



Mari kita melihat dari buku yang terakhir, pasal yang terakhir, dan ayat yang terakhir dari Perjanjian Lama yang mengandung satu nubuatan yang dasyat untuk zaman ini.
Maleakhi 4:5,6 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.
Kapan datangnya hari TUHAN yang besar dan dasyat itu..?

Wahyu 6:15,16,17 Dan raja-raja di bumi dan pembesar-pembesar serta perwira-perwira, dan orang-orang kaya serta orang-orang berkuasa, dan semua budak serta orang merdeka bersembunyi ke dalam gua-gua dan celah-celah batu karang di gunung. Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: "Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu." Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan
Apa hubungannya Elia dengan kedatangan hari Tuhan yang besar dan dasyat ini, dimanakah Elia-elia modern saat ini, dan dimanakah Elia-Elia modern saat ini..siapakah Elia-Elia modern itu..?

Nabi Elia sudah lama diangkat oleh Tuhan ke surga, apakah elia ini akan turun kembali..? yang jelas TIDAK.

Lukas 1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Yohanes pembaptis sebagai Elia yang ke-2, nubuatan maleakhi 4 bermakna ganda, yakni penggenapan pada waktu kedatangan Yesus yang pertama, dan yang ke-2 menjelang kedatangan Yesus yang ke-2 kali, akan ada Elia yang ke-3 sebelum kedatangan Yesus ke-2. Apakah ini hanya berbicara untuk satu orang saja, ataukah ini berbicara untuk banyak orang orang..?

1 Raja-raja 19:18 Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia."

Jadi Elia yang ke-3 adalah yang memiliki ciri-ciri dari karakter Elia yang pertama dan Elia yang kedua. Siapa saja yang memiliki roh dan kuasa elia merekalah yang akan tergabung dalam gerakan Elia ke-3. Marilah kita melihat kembali dalam sejarah mereka masing-masing..?

Elia 1 :
Siapakah yang datang setelah Elia..? Elisa.
Yohanes pembaptis disebut sebagai Elia yang ke-2, kemudian datanglah Yesus Kristus seperti Elisa didalam Perjanjian Lama. Elia dalam pekabarannya lebih bersifat menegur, tetapi Elisa lebih banyak menyembuhkan dan melayani sebagai nabi pendamai. Elia menyiapkan jalan untuk Elisa, demikianlah Yohanes pembaptis menyiapkan jalan untuk Tuhan Yesus, begitu jugalah Elia yang ke-3 haruslah menyiapkan jalan untuk kedatangan Yesus yang ke-2 kali.

Elia yang pertama ini hidup di zaman kemurtadan besar di tanah Israel, ketika Raja Ahab menikah dengan wanita yang salah yakni Izebel, yang merupakan nabiah bagi orang-orang kafir. Izebel menyebabkan orang-orang Israel menyembah baal/dewa matahari. Karena kemurtadan yang besar ini maka Tuhan mengirimkan pekabaran teguran dan pertobatan melalui nabi Elia. Dan Tuhan membuat terjadinya perubahan iklim dengan tidak turun hujan 3,5 tahun (Yak5:17). Dan ketika mendekati akhir dari 3,5 tahun sekali lagi ada pertemuan antara yang murtad(Raja Ahab dan nabi-nabi palsunya) dan nabi Elia, dan pekabaran inilah yang Elia sampaikan ketika ia bertemu dengan raja Ahab :

1 Raja-raja 18:17,18 Segera sesudah Ahab melihat Elia, ia berkata kepadanya: "Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel?" Jawab Elia kepadanya: "Bukan aku yang mencelakakan Israel, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah TUHAN dan engkau ini telah mengikuti para Baal.
Pekabaran Elia ini yang menunjukkan misi dari Elia ini akan diulangi kembali di akhir zaman, yakni pekabaran 3 malaikat – peliharalah hukum-hukum-Nya, tidak meyembah baal artinya sembahlah Pencipta yang benar, 2 pekabaran inilah yang akan diberikan pada masa kemurtadan besar di akhir zaman.

Aplikasi nubuatan :
Raja Ahab menggambarkan kekuasaan politik dan pemimpin umat pilihan Tuhan, Ratu Izebel menggambarkan kuasa agama kafir, persatuan antara kuasa dunia dan agama ini akan menyebabkan pemaksaan kepada penyembahan berhala, ini sangat paralel dengan nubuatan kitab wahyu. Akan ada pertentangan dalam hal perbaktian, ini terjadi ketika mereka(Elia & nabi-nabi baal) bertemu untuk saling mendirikan mezbah, berbakti kepada pencipta yang benar atau berbakti pada berhala (Wahyu14). Ketika mereka berteriak-teriak memanggil dewanya – ini sama dengan saat ini menggambarkan dengan kebaktian-kebaktian gaya celebration/karismatik. Berbeda dengan gaya nabi Elia yang datang dengan penuh ketenangan dan kerendahan hati dia berdoa, dan sebelum dia mengakhiri doanya api sudah turun dari langit, dan semua orang melihat Allah yang benar, sejarah yang sama akan terulang di zaman akhir.

Aplikasi 3,5 tahun tidak turun hujan – api turun dari langit membakar mezbah ketika Elia sedang berdoa – 7 kali Elia berdoa untuk meminta turunnya hujan.

Elia 2  :

Pekabarannya  dan kehidupannya  :
Apakah pekabaran dari Yohanes pembaptis..? bertobatlah sebab kerajaan surga sudah dekat. Tapi ada pekabarannya yang unik dari Yohanes pembaptis ini yang akan diulangi kembali pada akhir zaman. Semua orang berkhotbah tentang pertobatan, tetapi ada yang unik dari pekabaran Yohanes pembaptis ini, apakah itu..?

Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
Mengapa Yohanes memanggil Yesus dihadapan orang-orang Yahudi dengan sebutan Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia ini ? bagaimanakah reaksi orang-orang Yahudi tersebut, apa yang tersirat dalam pikiran orang-orang Yahudi ketika disebutkan Anak Domba Allah ialah tentang PENGORBANAN yang dilakukan di KAABAH, inilah pekabaran tentang “Kemah Suci” yang mengingatkan tentang segala macam tata cara upacara-upacara dan persembahan-persembahan yang mereka lakukan di bait suci itu telah menunjuk kepada Yesus itu yang sedang berdiri dihadapan mereka sebagai pengenapan semuanya itu, tetapi sayang...sudah sangat jelas sebenarnya pekabaran itu pada mereka tetapi mereka tetap buta dalam kerohanian mereka karena iman mereka telah tertutup dengan filsafat-filsafat kosong mereka sendiri. (Roma 10:2-4:mereka mendirikan kebenaran mereka sendiri)

Pekabaran apa lagi selanjutnya...?

Matius 3:1,2 Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Pekabaran apakah yang kita lihat disini..? sudah dekat disini mengindikasikan adanya tentang nubuatan tentang waktu, khususnya nubuatan kitab Daniel 9 saat itu, yang Yohanes telah pelajari. Demikian juga dengan Elia yang ke-3 pun akan mengetahui tentang dekatnya waktu kedatangan-Nya.

Pekabaran itu tidak selalu dari apa yang diucapkan, tetapi juga dari apa yang telah dilakukan. Apa yang telah Yohanes lakukan..?

Matius 3:3,4 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya." Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan.
Mengapa di dalam kitab matius ini menceritakan tentang pakaian dan makanannya padahal siapa yang peduli tentang apa yang dia pakai dan apa yang dia makan..tentu ada sesuatu tentang semuanya ini ? inilah satu kehidupan yang unik yang juga menjadi satu pekabaran yang unik. Jubah bulu unta pada saat itu merupakan pakaian yang di pakai oleh para nabi Tuhan, pakaian yang di khususkan/simbol untuk orang yang dipanggil khusus dalam pekerjaan Tuhan. Pelajaran yang penting disini adalah apa yang kita pakai haruslah menggambarkan karakter Kristus, pakaian kita adalah tabiat kita, cara berpakaian kita bukanlah hal yang prinsipil untuk menentukan keselamatan kita, tetapi cara kita berpakaian itu dapat menunjukkan/menilai siapa diri kita, apakah mencerminkan karakter Kristus atau duniawi. Pakaian orang-orang farisi dan saduki juga memakai jubah-jubah keagamaan tetapi tidak dalam kesederhanaan seperti yang dipakai oleh Yohanes Pembaptis.

Yohanes pembaptis juga melakukan diet, ini menunjuk kepada reformasi kesehatan. Ketika injil Matius mengatakan bahwa makanannya adalah belalang dan madu hutan ini tidak berarti hanya belalang dan madu hutan saja, tetapi mengapa yang ditonjolkan adalah belalang dan madu hutan ini menunjukkan tentang betapa sederhananya pola makanannya tetapi menyehatkan. Seandainya Yohanes tidak bertarak kemudian dia mengabarkan tentang pertobatan, maka pekabarannya tidak akan pernah berkuasa, justru kitalah yang akan dikatakan bertobatlah...

Praktek pola hidup sederhana ini (pakaian dan makanan) sangat berkaitan dengan selera dan nafsu, dan ini merupakan satu pola hidup yang khusus, khususnya bagi setiap orang yang mau hidup bukan untuk menuruti selera dan nafsunya, tetapi hidup untuk disucikan oleh Roh-Nya, yang mempunyai misi untuk Tuhan dan suci bagi Tuhan, dengan demikian pekabaran akan memiliki kuasa untuk membawa jiwa-jiwa datang dan bertobat kepada Tuhan.

memakai jubah bulu unta (tabiat – 10 hukum - penghakiman) dan ikat pinggang kulit (kebenaran – tongkat Harun yang berbunga), dan makanannya belalang dan madu hutan (reformasi kesehatan – roti manna).
Diakhir hidupnya  :
Yohanes pembaptis mati pada waktu pesta ulang tahun raja Herodes, sebagai pemimpin politik saat itu sedang mengundang para pemimpin politik lainnya untuk ikut berpesta dan mabuk bersama, dan pada saat mereka sedang mabuk oleh anggur, pikiran mereka sudah tidak terkontrol lagi. Dan pada waktu itu ada Salome yang sedang menari datang kepada raja herodes, dan raja herodes memberikan tawaran hadiah kepada salome, salome datang kepada ibunya, dan ibunya meminta kepala Yohanes pembaptis.

Aplikasi nubuatannya  :
Raja herodes = pemimpim para pemimpin politik, minum anggur bersama = minum doktrin/ajaran-ajaran yang salah, salome datang = anak perempuan dari wanita/ibu = gereja yang berdansa/ gerakan celebration/perayaan/karismatik, kemudian raja terhipnotis dengan semuanya ini sampai setengah dari kerajaanpun akan diberikan hanya karena seorang wanita saja, inilah gabungan antara kuasa politik dan agama. Lalu salome pergi kepada ibunya, yaitu ibu dari pelacur besar itu yaitu Babilon, dan ibu itu mengatakan saya mau “kepala” dari semua umat Tuhan, ini sangat paralel dengan kegenapan kitab wahyu, sejarah akan terulang.

Jadi siapakah Elia yang ke-3 ini...? mari gabungkan apa yang ada di Elia 1 dan Elia 2

Elia 3 :

Pekabaran dan Kehidupannya  :
Memiliki pekabaran khusus, yakni : pekabaran tentang pelihara perintah-perintah Tuhan dan sembahlah Allah yang benar, Tuhan ada di kaabah, nubuatan dan pola hidup yang benar – pertarakan/ reformasi kesehatan. Semua pekabaran ini tergabung dalam pekabaran 3 malaikat – Wahyu 14:6,7

Wahyu 14:6,7 Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."

Apakah itu takut akan Allah ? memelihara segala perintah-Nya

Pengkhotbah 12:13 Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.

Apa yang dimaksud dengan muliakan Dia ? melalui pola hidup yang mencerminkan tabiat Kristus – reformasi kesehatan.

1 Korintus 10:31 Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
telah tiba saat penghakiman-Nya, pekabaran apakah itu ? inilah pekabaran tentang nubuatan yang berdasarkan nubuatan kitab Daniel yang masuk di ruang bilik yang Maha suci di Sorga.

Jadi siapakah Elia yang ke-3 ini, yaitu mereka yang percaya, menghidupkan dan mengabarkan pekabaran 3 malaikat khususnya yang mengabarkan tentang sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air, yaitu PERGERAKAN MASEHI ADVENT HARI KETUJUH

Pergerakan masehi advent hari ketujuh dipanggil untuk menjadi Elia yang 3, Yesus akan datang kembali, tetapi Dia tidak bisa datang kalau tidak ada Elia yang ke-3 yang menyiapkan jalan bagi-Nya. Pekabaran 3 Malaikat/injil yang kekal ini akan berkuasa kalau kita mengijinkan Yesus tinggal dalam kehidupan kita. Yesus sedang mencari siapa-siapa yang rindu untuk menjadi Elia-Elia modern saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar